Selasa, 20 Maret 2012

Software Aplication (Program Aplikasi)

Merupakan perangkat lunak yang khusus ditambahakn dalam sistem operasi yang ada untuk melakukan pekerjaan khusus sesuai dengan kebutuhan dari pengguna komputernya. Untuk menambahkan program aplikasi pada sebuah sistem operasi harus dilakukan dengan cara meng-install sesuai dengan prosedur yang dijalankan pada program aplikasi tersebut, dan biasanya pada setiap program aplikasi disertakan sebuah serial number yang harus di isi disaat peng-instalan.
  • Berikut beberapa jenis program aplikasi yang terus berkembang di pasaran adalah;
    • Program Aplikasi Pengolahan kata, table dan database, Perangkat lunak aplikasi ini merupakan bagian perangkat lunak yang sangat banyak di jumpai dan terus berkembang. Sebelum tahun 1990-an aplikasi yang di kenal yaitu pemroses kata (Word Star, Chi Write), pemroses tabel (Lotus 123, Quatro Pro), database (DBASE), dan hiburan (game). Pada perkembangan pemroses kata, tabel dan database saat ini telah di bundel menjadi aplikasi office dengan tambahan aplikasi untuk pembuatan presentasi. Contoh aplikasi office adalah Microsoft Office yang terdiri dari Word(pemroses kata), Excel (pemroses tabel), Access (database), dan PowerPoint (presentasi).
  • Program Aplikasi Multimedia dan Internet;
Aplikasi multimedia dan internet saat ini mengalami perkembangan yang sangat maju dan cepat. Contoh aplikasi multimedia adalah Winamp untuk memutar musik berformat MP3 atau CD Audio, kemudian RealPlayer yang dapat digunakan untuk menonton film atau VCD, aplikasi untuk menjalankan film-film DVD dan masih banyak lagi program aplikasi yang terus berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi dewasa ini. Untuk aplikasi internet yang umum di gunakan adalah untuk browsing, e-mail, chatting dan messenger.
  • Program Aplikasi Design Grafis
Merupakan Aplikasi yang bersifat khusus membantu pekerjaan seorang design grafis pada beberapa bidang disiplin pekerjaannya, misalnya untuk membantu pekerja  Engineer menggunakan AutoCAD (gambar struktur), bidang elektroni dengan menggunakan program Protel (gambar rangkaian elektronik), bidang design grafis dan movie maker menggunakan Adobe (untuk pengolahan gambar dan foto), Corel & Macromedia (digunakan untuk pengolahan gambar vektor dan 2D), dan Aplikasi pengolahan gambar dan animasi 3D, serta pada bidang perhitungan tingkat tinggi yang menggunakan program Matlab (pemroses dan visualisasi persamaan matematis).
  • Program Aplikasi Utility
Merupakan aplikasi program yang berfungsi untuk membantu atau mengisi kekurangan atau kelemahan dari sistem operasi yang digunakan. Misalnya sebuah program aplikasi PC Tool yang dapat membantu menjaga dan merawat kestabilan sebuah komputer dengan beberapa perintah yang dimiliki,seperti clean disk yaitu membersihkan komputer dari file-file yang tidak berguna, defrag register yang digunakan untuk mengatur file-file direktori yang ada pada register edit sebuah sistem operasi, dan perintah lainnya yang berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja dari sebuah komputer. Terdapat banyak vendor yang saling berlomba untuk membuat aplikasi jenis Utility ini dengan kelebihan-kelebihan yang ditawarkan, salah satunya bentuk aplikasi yang unik dan trbaru saat ini adalah EasyRecovery yang merupakan jenis aplikasi dengan kemampuan dapat mengembalikan kembali data-data yang telah terhapus pada media penyimpanan (harddisk, disket dan flashdisk). Beberapa contoh aplikasi utility yang sering digunakan saat ini adalah; Norton Utility, PC Tune-Up, CPUkiller,EasyRecovery, dan sebagainya.
  • Program Aplikasi Anti Virus
Jenis program yang digunakan untuk menjaga, mendeketsi, bahkan menghapus program virus yang telah menggangu kinerja dari sebuah sistem operasi yang dipakai pada sebuah komputer. Virus selalu membuat tidak nyaman para pengguna komputer karena dapat menggangu aktivitas dari beberapa aplikasi lainnya yang ada di sitem operasi, biasanya virus dapat membuat suatu aplikasi tidak bisa dijalankan, membuat beberapa file-file menjadi eror dan ada juga virus yang bisa merusak file-file data penting para pengguna komputer. Untuk mengatasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan yang disebabkan oleh aktivitas sebuah virus, maka para vendor software telah membuat beberapa program aplikasi anti virus yang disesuaikan dengan virus-virus yang telah berkembang. Beberapa contoh aplikasi anti virus yang sering digunakan saat ini adalah Norton AntiVirus, McAfee VirusScan, AVG AntiVirus, Kaspersky, Brontotok Remover, dan lain-lain.

0 komentar:

Posting Komentar