Selasa, 20 Maret 2012

Software Programming (Bahasa Pemrograman)

Efektif, kenyamanan dan kemudahan dalam menggunakan sebuah aplikasi sesuai dengan kebutuhan, telah membuat para ahli pemrograman yang disebut “Programmer” untuk membuat suatu aplikasi khusus tersebut yang digunakan untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan khusus sesuai dengan kebutuhan dan harapan dari pengguna komputer. Untuk membuat sebuah aplikasi khusus ini dibutuhkan suatu aplikasi yang di sebut “bahasa pemrograman”. Hasilnya diterjemahkan menjadi kode mesin yang dapat dipahami oleh sebuah komputer. Dan bahasa pemrograman sediri terdiri dari;
  • Bahasa mesin
Merupakan bahasa pemrograman generasi pertama dan tipe paling dasar bahasa pemrograman yang terdiri dari kumpulan angka yang dapat digunakan oleh hardware komputer. Pada bahasa pemrograman ini untuk jenis hardware yang berbeda maka akan menggunakan kode mesin yang berbeda juga. Contohnya, komputer IBM menggunakan bahasa mesin berbeda dengan komputer jenis Apple.
  • Bahasa Assembly
Merupakan bahasa pemrograman generasi kedua yang sdikit lebih mudah digunakan daripada bahasa mesin. Untuk membuat suatu program aplikasi dengan bahasa assembly, seorang programmer membuat kode yang akan diterjemahkan oleh komputer yang disebut dengan assembler.
  • Bahasa Tingkat Tinggi
Pemrograman pada bahasa tingkat tinggi ini lebih powerfull daripada bahasa assembly, dan lebih mudah dalam penulisan kode-kode programnya. Pada bahasa jenis ini dibedakan menjadi tiga generasi, yaitu;
a)      Bahasa generasi ketiga / Third-generation languages (3GLs)
Merupakan bahasa yang pertama menggunakan frase berbahasa inggri dan mempunyai kemampuan 3GLs portable yang artinya kode objek dapat dibuat dan diterjemahkan untuk sistem yang berbeda. Berikut bahasa pemrograman yang termasuk 3GLs; FORTRAN, COBOL, BASIC, Pascal, Bahasa C, Bahasa C++, Java dan ActiveX.
b)      Bahasa generasi ke-empat (4GLs)
Bahasa pemrograman jenis ini jauh lebih mudah daripada bahasa pemrogram 3Gls, karena sudah menggunakan environment berbasis teks atau visual. sehingga banyak pengguna komputer yang bisa menguasai aplikasi program jenis 4GLs ini dengan mudah dan cepat. Bahasa pemrograman yang termasuk dalam bahasa 4Gls adalah; Visual Basic (VB), VisualAge, Authoring environments, dan lain-lainnya.
c)      Bahasa generasi kelima (5GLs)
Merupakan bahasa lanjutan atau perkembangan dari bahasa pemrograman 4GLs yang sudah menggunakan interface visual yang lebih user-frendly, tetapi keberadaan bahasa pemrograman jenis 5GLs ini sering menjadi perdebatan pada kalangan programmer yang banyak tidak setuju bahwa generasi ini ada. Bahasa 5GLs ini menggunakan artificial intelligence (AI) untuk membuat software, yang membuat 5GLs sulit direalisasikan.


0 komentar:

Posting Komentar